memo-x

Berita, komentar, dan fitur terbaru dari The Memo X

Wawancara Martin Bashir dengan Diana: Lima pertanyaan yang tidak terjawab oleh laporan di Panorama | Berita Inggris

Laporan tentang bagaimana jurnalis Martin Bashir memperoleh wawancara bersejarah dengan Putri Diana meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Lord Dyson, yang melakukan penyelidikan, menyimpulkan bahwa Tn. Bashir Gunakan ‘perilaku menipu’ untuk mengamankan wawancara panorama Anda putri Diana Pada tahun 1995.

Wartawan itu menemukan peretasan BBC Aturannya adalah dengan mensimulasikan laporan bank palsu yang menunjukkan pembayaran dari trust dan News International ke rekening Alan Waller, mantan karyawan saudara laki-laki Diana, Earl Spencer – dan menunjukkannya kepada Earl untuk mendapatkan akses ke sang putri.

Penyelidikan juga mengatakan bahwa perusahaan itu menutupi perilaku Al-Bashir, dan bahwa itu “tidak memenuhi integritas dan transparansi tingkat tinggi.”

Namun, ada lima pertanyaan besar tentang skandal yang tidak dapat dijawab oleh Lord Dyson.

Mengapa para eksekutif puncak memilih untuk memercayai Martin Bashir dengan begitu mudah?

Al-Bashir mengaku telah tiga kali berbohong kepada editor dan eksekutif BBC tentang menunjukkan laporan bank palsu kepada siapa pun sebelum dia dipaksa untuk mengakui bahwa dia telah membagikannya dengan Earl Spencer menyusul sebuah cerita yang diterbitkan oleh Mail pada hari Minggu.

Tetapi selama penyelidikan awal BBC pada tahun 1996, mereka percaya pada al-Bashir ketika dia mengatakan bahwa menunjukkan dokumen tersebut tidak dalam konteks permintaan wawancara.

Ketika pertanyaan tentang gambar pertama kali muncul, Putri Diana mengirim surat yang mengatakan dia tidak melihat dokumen palsu, yang dikatakan Lord Hall, direktur berita saat itu sebelum dia menjadi Direktur Jenderal BBC, mengatakan itu membuat mereka percaya dia tidak terkesan. Grafik.

gambar:
Pernyataan bank palsu yang digunakan Bashir untuk meyakinkan Earl Spencer untuk memperkenalkan Putri Diana kepadanya

Penyelidikan, yang dilakukan Lord Hall setelah berbicara dengan Bpk. Bashir, mengatakan dia yakin bahwa peta “sama sekali tidak berperan dalam mendapatkan wawancara” dengan Diana.

Dia menggambarkan pembuatan gambar itu sebagai “tidak bijaksana,” tetapi mengatakan bahwa dia percaya pada Tuan Al-Bashir, mengatakan dia tidak punya alasan untuk mengumpulkan gambar itu “selain karena dia tidak berpikir.”

Lord Hall mengatakan dia menulis surat kepada Bpk. Bashir agar “lebih berhati-hati di masa depan” – pedoman akan diberlakukan untuk mencakup penggunaan bahan yang direkonstruksi dan membayar orang yang memberikan informasi untuk program investigasi.

Lord Dyson berkata bahwa Lord Hall dan Anne Solman, kepala pemrograman baru pada saat itu, percaya bahwa Tuan Bashir “menyesal” dan bahwa Steve Hewlett, editor Panorama, telah berbicara dengan Earl Spencer sehingga mereka tidak perlu melakukannya.

Mantan Direktur Jenderal BBC Lord Hall pada 2013
gambar:
Lord Hall memimpin penyelidikan internal pada tahun 1996

Dalam penyelidikan itu, dia mengatakan bahwa Matt Whistler, desainer grafis yang membuat dokumen bank, tidak akan bekerja dengan BBC lagi dan “perusuh abadi” akan disingkirkan dari Panorama.

Lord Dyson berkata: “Kegagalan untuk mencapai kesimpulan tentang mengapa Tuan Al-Bashir didakwa dengan pernyataan palsu ini (dan menyerahkannya kepada Earl Spencer) adalah kegagalan mendasar Lord Hall dan Nyonya Soloman untuk memenuhi tujuan penyelidikan .

READ  Kedutaan China mengeluarkan tanggapan yang aneh setelah seorang jurnalis dari RTÉ melarikan diri dari China bersama keluarganya

“Tapi itu seharusnya membuat mereka benar-benar ragu tentang apakah Tuan Al-Bashir mengatakan yang sebenarnya.”

Dia menambahkan bahwa Lord Burt, Direktur Jenderal BBC pada saat itu, mengatakan kepadanya bahwa Tuan Al-Bashir adalah “muda, persuasif dan tidak dalam bentuk apa pun, dan bahwa tanpa adanya fakta tandingan, masuk akal untuk menerima apa dia berkata.”

“Saya tidak setuju,” kata Lord Dyson dalam laporan itu.

Mengapa BBC mempekerjakan kembali Martin Bashir pada tahun 2016?

Ketua Komisi Digital, Budaya, Media dan Olahraga, Julian Knight, mengatakan ada “pertanyaan serius” yang perlu dijawab mengapa Bashir diangkat kembali oleh BBC pada 2016.

Pada saat itu, Al-Bashir telah menjadi koresponden religius BBC – hampir dua dekade setelah episode Panorama yang membuatnya terkenal di media, dan 17 tahun setelah dia awalnya meninggalkan BBC untuk IT pada tahun 1999.

Pada saat dia dilantik, BBC mengeluarkan siaran pers yang sangat positif. “Rekor Martin dalam jurnalisme kewirausahaan terkenal dan dihormati di industri dan di antara audiens kami,” kata Jonathan Monroe, kepala Grup Berita BBC saat itu.

Lord Dyson mengatakan bahwa kasus penugasan kembali berada “di luar” “kerangka acuan” penyelidikannya, meninggalkan tanda tanya tentang bagaimana proses perekrutan dilakukan.

Pada hari Jumat, Knight meminta jawaban dari manajer umum BBC saat ini, Tim Davey.

“Pasca laporan Dyson, masih ada pertanyaan serius yang harus dijawab,” tulisnya dalam surat.

“Mengapa Martin Bashir diangkat kembali ke BBC You Know What They Know?”

Harap gunakan Browser Chrome untuk mengakses pemutar video yang mudah

Earl Spencer: Diana tidak tahu siapa yang harus dipercaya

Sementara itu, mantan direktur BBC News itu meminta maaf atas keputusan mengangkat kembali Bashir, yang kemudian menjadi Redaktur Urusan Agama.

James Harding, yang memegang posisi ketika Tn. Bashir ditugaskan, mengatakan tanggung jawab atas kembalinya wartawan ke perusahaan “ada di tangan saya” dan mengakui bahwa situasinya “benar-benar menyedihkan bagi semua orang dan menyedihkan bagi siapa saja yang peduli dengan jurnalisme. atau peduli “tentang BBC”.

Ketika ditanya apakah Lord Hall, yang memimpin investigasi internal tahun 1996 dalam wawancara tersebut, terlibat dalam pengangkatan kembali Tn. Al-Bashir, dia berkata: “Apa yang saya katakan adalah bahwa BBC News mempekerjakan Martin Bashir, jadi tanggung jawabnya ada pada itu. dengan saya. “

Lord Hall meminta maaf atas perannya dalam penyelidikan awal, yang digambarkan Lord Hall sebagai “sama sekali tidak memadai”.

Dia berkata, “Saya salah memberi Martin Bashir keuntungan dari keraguan, mendasarkan penilaian itu seperti yang saya lakukan pada apa yang tampaknya merupakan penyesalan yang mendalam di pihaknya.”

Siapa yang merampok rumah Matt Whistler?

Seorang desainer grafis yang membuat laporan bank dari Tn. Al-Bashir untuk menunjukkan kepada Earl Spencer, yang pada saat itu tidak mengetahui barang palsu, dirampok sekitar sebulan setelah wawancara disiarkan.

Dua CD berisi gambar yang dibuat Whistler untuk Tn. Bashir telah dikeluarkan dari kotaknya di rumahnya.

READ  With the growing crisis in Britain due to the Coronavirus variant, Johnson's postponement

Dia menghubungi produser dan editor Panorama setelah wawancara ditayangkan dan mengatakan dia khawatir bahwa dia mungkin secara tidak sengaja memainkan peran dalam menyelesaikan wawancara dengan penipuan.

Tuan Whistler melaporkan pencurian itu kepada Tim Gardam, kepala Program Mingguan, yang berkata, “Serahkan padaku,” lalu meneleponnya untuk mengatakan, “Sudah ditangani dan dia tidak perlu khawatir.”

Kata desainer grafis Tim Sutter, Direktur Pelaksana Program Mingguan, khawatir bahwa dokumen akan dicuri untuk membuatnya menjadi “orang yang gagal” dan akan dirilis ke pers.

Diana, Princess of Wales, selama wawancara dengan Martin Bashir untuk BBC
gambar:
Diana, Princess of Wales, selama wawancara dengan Martin Bashir untuk BBC

Tetapi setelah berbicara dengan Pak Bashir, Pak Suter dan Pak Gardam mengatakan bahwa mereka menerima bahwa wartawan tersebut mengatakan yang sebenarnya bahwa gambar dokumen bank tidak diperlihatkan kepada siapa pun dan bahwa informasi tersebut berasal dari Putri Diana sendiri, jadi dia tidak dapat menggunakan itu untuk mengamankan wawancara. .

Wartawan itu mengatakan Princess of Wales percaya bahwa Tuan Waller, yang bekerja dengan Earl Spencer, dibayar melalui dana perwalian untuk membocorkan cerita tentangnya, dan mungkin saja dia dipekerjakan oleh News International dan mungkin bahkan dinas keamanan.

“Mengingat penjelasan yang diberikan oleh Al-Bashir, tampaknya pengejaran ini sangat sedikit,” kata Gardam. [the burglary]”.

Laporan Lord Dyson tidak berspekulasi tentang siapa yang mencuri CD itu juga tidak menjelaskan apakah polisi menyelidikinya.

Martin Bashir dengan Penghargaan BAFTA mengumpulkannya untuk Talk Show Terbaik setelah Wawancara Panorama dengan Diana
gambar:
Martin Bashir dengan Penghargaan BAFTA mengumpulkannya untuk Talk Show Terbaik setelah Wawancara Panorama dengan Diana

Siapa yang memerintahkan pemadaman berita tentang berita tersebut di BBC?

Lord Dyson mengatakan BBC telah memberikan “jawaban yang sulit dipahami” atas pertanyaan yang diajukan oleh surat kabar pada tahun 1996 tentang bagaimana Al-Bashir mengamankan wawancara tersebut, tetapi dia tidak menyebutkan siapa pun yang mencegah mereka untuk menjawab.

Pada April 1996, ada beberapa pertanyaan pers kepada BBC tentang situasi tersebut. The Mail on Sunday diberitahu bahwa gambar pernyataan bank tidak pernah diterbitkan, hanya digunakan pada bagian awal penyelidikan, dan diabaikan ketika beberapa informasi dapat tidak dibuktikan.

Artikel berlanjut pada tahun 1996 tentang dokumen palsu dan BBC melanjutkan dengan mengatakan bahwa sketsa tersebut disatukan sebagai bagian dari penyelidikan yang lebih luas dan tidak ada lagi yang bisa ditambahkan.

Kantor pers BBC juga berbagi dengan pers bahwa cerita pernyataan bank palsu dibocorkan oleh rekan-rekan lain – sesuatu yang menurut Lord Hall tidak dia sadari dan tidak akan dukung.

Harap gunakan Browser Chrome untuk mengakses pemutar video yang mudah

William: Wawancara BBC “gertakan” saya mengecewakan ibu saya

Tom Mangold, mantan reporter Panorama, menulis pada tahun 2020 bahwa dia percaya editor Panorama, Steve Hewlett, “berada di balik penyamaran BBC untuk melindungi dirinya sendiri, al-Bashir dan seluruh organisasi” dan mengatakan bahwa dia mengatur kesalahan tersebut. “Kolega yang cemburu,” yang menurut Mr. Mangold adalah menargetkannya.

READ  New Zealand reported its first community case in months

Hewlett meninggal pada 2017, tetapi jandanya menulis kepada Lord Dyson menyangkal tuduhan yang mengatakan bahwa Mangold tidak memiliki bukti, seperti yang dia tunjukkan.

Lord Dyson mengkritik BBC karena tidak melaporkan tuduhan terhadap Tuan Al-Bashir, dalam sebuah pernyataan kepada BBC pada tahun 1996 di mana dia mengatakan bahwa berita itu “tidak cukup penting sebagai berita.”

Tidak semua orang yang diajak bicara Lord Dyson sejak saat itu di BBC dapat memberi tahu dia dengan tepat siapa yang membuat keputusan untuk tidak meliput berita tersebut.

Lord Dyson mengatakan dia tidak percaya bahwa “semua editor BBC yang terlibat membuat keputusan individu untuk tidak mempublikasikan berita itu karena mereka menganggap berita itu tidak cukup penting untuk membenarkan bahkan referensi singkat.”

Dia menambahkan bahwa dia “yakin bahwa BBC meliput fakta-fakta tersebut dalam catatan persnya karena dapat membuktikan bagaimana Tuan Al-Bashir mengamankan wawancara tersebut … BBC harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.”

Harap gunakan Browser Chrome untuk mengakses pemutar video yang mudah

Pangeran Harry: Saya harus menghadapi masa lalu saya

Apakah dokumen juga telah disiapkan tentang upaya penyelamatan Terry Venables?

Terry Venables, mantan manajer sepak bola Inggris, menjadi fokus dari dua episode panorama yang disajikan oleh Mr Bashir pada 1993 dan 1994, sebelum bertemu dengan Princess of Wales.

Bashir menuduh bahwa Venables menaikkan bagian £ 1 juta dari uang yang menyelamatkan Tottenham Hotspur ketika dia menjadi CEO melalui kesepakatan “jual dan sewa kembali”.

Sebuah dokumen yang direproduksi di layar menunjukkan jadwal aset yang digunakan sebagai jaminan, yang diklaim oleh program itu tidak dimiliki.

Investigasi kriminal dibuka dan tidak ada bukti perilaku kriminal yang ditemukan, tetapi tuduhan memperpanjang karirnya.

Terry Venables, mantan pelatih Inggris, yakin Martin Bashir memalsukan dokumen bank yang menunjukkan bahwa dia menggunakan aset yang tidak perlu dia kumpulkan satu juta pound.
gambar:
Terry Venables, mantan pelatih Inggris, yakin Martin Bashir memalsukan dokumen bank yang menunjukkan bahwa dia menggunakan aset yang tidak perlu dia kumpulkan satu juta pound.

Venables telah lama percaya bahwa dokumen tersebut “dibuat-buat” dan setelah muncul saran bahwa Bpk. Bashir telah menggunakan dokumen bank palsu untuk mendapatkan wawancara dengan Diana pada tahun 1996, pengacaranya menulis kepada BBC dengan tuduhan bahwa dokumen yang digunakan dipalsukan.

Dalam kedua dokumen yang digunakan untuk Venables ‘Rings dan diberikan kepada Earl Spencer, nama “Penfolds”, dana berbasis Jersey, digunakan sebagai salah satu pembayar.

Lord Dyson berkata dalam laporannya bahwa desainer grafis Mr. Whistler diminta untuk membuat gambar untuk dokumen bank.

Tapi dia mengatakan bahwa produser Panorama Mark Killick “sangat tidak setuju bahwa dia menugaskan gambar ini dari Whistler.” [for the Venables episodes] Ini dapat dibandingkan dengan mengamanatkan Tuan Al-Bashir untuk mentransfer laporan rekening bank palsu. “

Pidato Putri Diana
gambar:
Putri Diana mengirim pesan ini dengan mengatakan bahwa dia belum menerima rekening koran palsu

Lord Dyson mengatakan dia hanya mengutip “kasus Venables” dalam laporan karena “acara Venables direferensikan setelah siaran wawancara Putri Diana.”

Tetapi dia mengatakan dia tidak bisa mengatakan lebih banyak tentang itu, “karena saya tidak menganggap penyelidikan itu sesuai dengan kompetensi saya.”

“Saya rasa saya meminta Matt untuk menggunakan nama ‘Penfolds’ untuk dana yang berbasis di Jersey – nama yang terlintas dalam pikiran untuk digunakan sebagai contoh yang berasal dari cerita Venables,” tulis Mr Bashir dalam pernyataan investigasinya.

“Itu adalah tambahan yang bodoh dan bukan nama yang dikatakan sang putri kepadanya.”